Seperti sudah diketahui bahwa aplikasi bisnis RetailSoft Platinum merupakan Aplikasi yang bersifat multiplatform, dimana aplikasi ini dapat berjalan di hampir semua platform, seperti : Windows, Linux, Unix, Solaris dan lain-lain sama baiknya. 

Pada artikel kali ini, akan diberikan pembahasan secara berseri tentang implementasi Aplikasi RetailSoft Platinum pada Sistem Operasi Linux, khususnya Ubuntu. Artikel akan mengulas tentang Linux secara mendasar hingga implementasi dan pemeliharaan aplikasi, khususnya : RetailSoft Platinum pada Sistem Operasi.

Artikel ini ditujukan bagi pengambil keputusan yang masih ragu-ragu untuk menggunakan Sistem Operasi Linux dibandingkan Sistem Operasi berbayar lainnya. Dengan pemaparan yang lengkap dan sederhana, diharapkan dapat memberikan masukan yang bersifat obyektif, meskipun keputusan akhirnya tetap ditentukan oleh pengambil keputusan (perusahaan).

Linux adalah Sistem Operasi yang dapat dipergunakan secara bebas (free) di bawah lisensi GNU General Public License (GPL). Sistem Operasi ini dihasilkan dari kolaborasi sejumlah pengembang (developer) dari seluruh dunia, mereka saling berbagi program (source code), menelusuri dan melaporkan kesalahan program (bugs), memperbaiki atau meningkatkan fitur-fitur pada Sistem Operasi Linux. Hal inilah yang membuat Linux sangat cepat populer dan mencapai kematangannya dalam waktu yang relatif singkat.

Mengapa Menggunakan Linux ?

Berikut ini adalah paparan mengenai alasan penggunaan Linux sebagai Sistem Operasi untuk Aplikasi RetailSoft Platinum :

1. Lisensi

Seperti telah disebutkan di atas bahwa Linux bisa didapat secara bebas (free) berdasarkan lisensi GNU General Public License, sehingga siapapun bisa memperoleh program ini, baik dalam bentuk source code maupun dalam bentuk binary (bahasa mesin). Demikian juga dengan perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi ini, cukup dengan men-download atau memperolehnya dalam bentuk CD / DVD secara gratis. Meskipun gratis, saat ini, linux telah memiliki fitur dan dukungan untuk berbagai komputasi sangat lengkap, selain itu tersedia fasiltas update otomatis untuk Sistem Operasi ini dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya.

Dengan biaya sangat rendah (atau tanpa biaya sama sekali), Linux dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membangun Sistem Informasi Perusahaan. Penghematan biaya ini akan lebih signifikan untuk perusahaan ritel dengan jaringan (store) yang cukup banyak.

 2. Dukungan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Pada saat ini linux mendapat dukungan penuh dan luas dari berbagai perangkat keras dan perangkat lunak pendukung, sehingga dengan menggunakan Sistem Operasi ini, Perusahaan tidak perlu lagi takut untuk tidak bisa menggunakan berbagai piranti hardware maupun software-software untuk berbagai keperluan, seperti : office, design bahkan multimedia.

3. Kemudahan

Pada saat awal kepopulerannya, Sistem Operasi Linux dikenal tidak memiliki user interface yang cukup baik, sehingga sebagian user kesulitan untuk mengoperasikan Sistem Operasi dan muncul opini jika Linux ‘susah’ / tidak ‘user friendly’.
Tetapi saat ini, keadaannya sudah sangat berbeda, dimana Linux (Ubuntu) telah memiliki tampilan GUI (Graphical User Interface) yang tidak ‘kalah’ dengan yang dimiliki oleh Windows, seorang user biasa dapat melakukan instalasi aplikasi dan program–program pendukungnya dengan sangat mudah.

 4. Keamanan

Dengan basis sebagai sistem operasi jaringan, Sistem Operasi Linux dikenal memiliki sistem keamanan yang sangat baik, beberapa fitur keamanan yang dimiliki seperti : penerapan User Account, Kontrol Akses secara Diskresi, Kontrol Akses Jaringan, Enkripsi, pencatatan log untuk setiap event, dan juga pendeteksi penyusup (Intrusion Detection). Selain itu, Linux juga relatif lebih aman dari serangan virus dibandingkan dengan Sistem Operasi lainnya.

Selain hal-hal di atas, masih sangat banyak fitur-fitur spesial yang dimiliki oleh Linux (Ubuntu), penulis akan melakukan pembahasan, baik dari segi teknis maupun non teknis melalui artikel-artikel selanjutnya dalam seri artikel tentang linux. Dan artikel-artikel yang akan dibuat akan lebih ditekankan pada penggunaan Sistem Operasi ini untuk Aplikasi RetailSoft Platinum, seperti :

  • Instalasi Aplikasi RetailSoft Platinum di Ubuntu
  • Me-maintenance database RetailSoft Platinum di Ubuntu
  • Backup dan Restore Aplikasi RetailSoft Platinum di Ubuntu
  • dan lain-lain.